Minggu, 19 Desember 2010

ANALISA SESAR LEMBANG 1910-2010

lembang penuh dengan daya tarik wisata alam dan wisata kuliner yang unik dan menarik. banyak turis yang datang mengunjungi lembang karena keunikan tempat tersebut. misalnya:Tngkuban Parahu, wisata outbound. dan wisata kuliner yang banyak tersedia di punclut. namun, dibalik itu juga lembang menyimpa tenaga eksogen berupa pergerakan lempengan tanah. yang sering disebut patahan lembang. kejadian ini sudah berulang kali terjadi dengan siklus yang pasti yakni setiap seratus tahun sekali. dan terjadinya patahan lembang ini terakhir tercatat di tahun 1910 kalau kita hitung secara matematis berarti tahun 2010 inilah tepat seratus tahun yang lalu patahan lembang telah terjadi.
para ahli telah menyelidiki berapa centimerter pertahun pergerakan tersebut, dan berhasil diketahui pergerakan tanah tersebut 2-3 cm pertahun. ini merupakan pergerakan yang relatif kecil atau ringan. tapi perlu diketahui juga bagaimana struktur tanah yang ada di lembang itu. kita bisa lihat betapa rapuhnya tanah yang ada di lembang. sehingga dikhawatirkan bila terjadi pergerakan siklus 100 tahunan ini akan berdampak pada lembang dan kota bandung. dampak kerusakan ini belum dapat diprediksi secara jelas.
namun saya merenung ternyata tiap bencana besar yang terjadi di bumi ini yang saya ingat mulai dari tahun 2004 kasus aceh, jogja dan sekitarnya sellau terjadi pada tanggal 26 di bulan masehi misalnya bencana tsunami juga itu adalah siklus 100 tahunan jadi bisa dibayangkan bila hal ini terjadi di bulan desember 26  2010. semoga bisa diredam.
yang perlu kita lakukan adalah menguragi intensitas pergerakan patahan tersebut. 
aktivitas tangkuban perahu pun sangat dipengaruhi oleh sesar lembang ini. sungguh suatu pergerakan yang sangat unik dan menarik sekaligus berbahaya juga.
banyak manfaat yang ditimbulkan dari sesar lembang ini adalah kita bisa melihat lapisan tnah di bandung berdasarkan dari lapisan yang sudah dibentuk oleh sesar lembang


lampu malam masih tetep nyala

1 komentar:

  1. ku hanay manusia yang lemah tidak berdaya kalau pun hal ini terjadi gempa yang dahsyat saya hanaya ingin tetap dalam lindungn -Mu

    BalasHapus